BERITA TERBARU

  • Pintaraja Marianus Sitanggang
  • KERIKIL KERIKIL TAJAM
  • Beberapa penyebab kegagalan CU
  • BEBERAPA CATATAN UNTUK DIRENUNGKAN DAN DILAKSANAKAN
  • PENDIDIKAN DAN PELATIHAN AKTUALISASI SAK ETAP
  • PESERTA RAT TB 2016
  • Peserta RAT TB-2016

  • <<< PREV NEXT>>>

    ARSIP BERITA

  • June 2017 (5)
  • July 2017 (2)
  • September 2017 (1)
  • RANDOM PHOTO

    KEGIATAN

  • AKTUALISASI SAK ETAP
  • PELATIHAN KREDIT MACET
  • MEMBER

    Login :
    Password :
     
        Daftar

    STATISTIK WEB

    Pengunjung Online
    :
    1
    Hits Hari Ini
    :
    29
    Hits Minggu Ini
    :
    349
    Hits Bulan Ini
    :
    825
    Hits Tahun Ini
    :
    6198
    IP Anda : 54.146.50.80

    BEBERAPA CATATAN UNTUK DIRENUNGKAN DAN DILAKSANAKAN
    Diposting oleh : admin,Hari: Rabu, 14 Juni 2017 - 00:24:03 WIB, Kategori: P.M SITANGGANG - Dibaca: 746 kali

    1. Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan momentum yang sangat penting ini bukan saja kesepakatan  bagi dewan pimpinan ( Pengurus /Pengawas ) untuk mempertanggung jawabkan proses dan pencapaian yang didalami dan di peroleh oleh CU (Credit Union) tetapi juga merupakan sarana pendidikan dan mewujudkan hak demokrasi anggota.
    2. Bagi seorang Anggota menghadiri RAT haruslah merupakan prioritas. Pada saat RAT, anggota akan mendapatkan paparan kinerja yang menganalisisnya untuk menyadari kekuatan- kekuatan dan kelemahan kelemahan sumber daya dan sarana yang kita miliki demi pengembangan CU (Credit Union) untuk tahun mendatang.
    3. Dalam lembaga organisasi peran dewan pimpinan (PENGURUS) harus ditingkatkan dan diaktifkan sebagai penentuan kebijakan bagi CU (Credit Union) dan tugas sehari-hari tetap berada di tangan manajer dan para stafnya. Hubungan luar (External) yang menyangkut kebijakan seperti dengan pemerintah dan lembaga lembaga lainnya pada dasarnya harus di tangani oleh PENGURUS.  Tentu saja ada hal yang berkaitan dengan lembaga external tersebut yang dapat di delegasi kepada manajer, akan tetapi tanggung jawab terakhir harus tetap pada pengurus. Pengurus berpikir dan bertindak.
    4. Dalam sistem CU (Credit Union) penguruslah yang memperoleh mandat dari RAT (Rapat Anggota Tahunan) dan oleh karenanya tanggung jawab atas pelaksanaan keputusan – keputusan RAT (Rapat Anggota Tahunan ) ada pada PENGURUS  dan bukan MANAGER, PENGURUS memberi jiwa CU (Credit Union) sedangkan MANAGER mencapai sasaran.
    5. Pengawas harus tetap dipertahankan karena pengawasan mutlak harus dilakukan oleh RAT (Rapat Anggota Tahunan) terhadap kegiatan kegiatan PENGURUS. Pengawas perlu bekerja sama dengan unit audit di PUSKOPDIT BEKATIGADE SUMUT.
    6. Semua CU (Credit Union) membutuhkan manajemen yang baik untuk pengembangannya menopang pertumbuhan dan untuk memberikan suatu pelayanan yang bermutu tinggi pada anggota –anggotanya.
    7. CU (Credit Union) yang ingin menjadi sukses dan berarti secara ekonomis dalam hidup anggota-anggota yang dilayani, maka CU (Credit Union)  harus membuat perencanaan jangka pendek dan jangka panjang.
    8. Manager menjadi orang yang khusus yang bekerja purna waktu pada CU (Credit Union), yang menghabiskan waktunya paling banyak pada soal bisnis. Dia orang dalam. Pada dasarnya peranan PENGURUS pada CU (Credit Union), secara umum bekerja hanya penggal waktu (Volunteer), yang pengetahuannya tentang pelaksanaan CU (Credit Union) seringkali di warnai banyak pandangan termasuk salah satunya adalah perasaannya.
    9. Kualitas SDM ( Sumber Daya Manusia ) adalah kunci utama bagi keberhasilan  CU (Credit Union) sebagai  PERKUMPULAN ORANG, maka pendidikan dan pelatihan mempunyai fungsi yang sangat strategis. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan tidak hanya untuk PENGURUS, PENGAWAS  dan Staf/Karyawan akan tetapi bagi kepentingan memberdayakan anggota-anggota perorangan sebagai pendidikan pelanggan dan pemodal CU (Credit Union), peningkatan mutu anggota – anggota perorangan adalah sangat menentukan bagi pengembangan CU (Credit Union). Kualitas anggota-anggota perorangan yang rendah tidak akan membuat sebuah RAT (Rapat Anggota Tahunan) bermutu dan kompeten, yang menurut gilirannya hanya menghasilkan keputusan-keputusan yang rendah kualitasnya yang mungkin sukar atau tidak efisien dan efektif untuk dilaksanakan.
    10. Waspadalah bahwa ada juga diantara insan CU (Credit Union), unsur PENGURUS,PENGAWAS atau anggota yang menciptakan gundah, ambisi pribadi yang over dosis, mau menang sendiri, bisa muncul disana sini.

     

    Pada kesempatan ini, RAT (Rapat Anggota Tahunan) sebagai organisasi, sudah menunjukkan tanda tanda kearah kedewasaan berorganisasi.

                Melihat hasil-hasil yang sekarang ini, dicapai baik dilihat dari segi pengumpulan modal, jumlah keanggotaan maupun keanekaragaman pelayanan saya ingin mengajak anda sejenak mengadakan evaluasi, sampai sejauh manakah kita berpegang pada falsafah gerakan CU (Credit Union), Dimana bahwa gerakan ini memberi kesempatan pada seseorang untuk meningkatkan dirinya pada tingkat menciptakan rasa kesamaan (Equality), saling percaya dan kejujuran satu dengan yang lainnya. Tidak seorang pun dinilai rendah atau dikecualikan dalam tingkat berbeda-beda, karena makhluk adalah sederajat dimata Sang Pencipta.

                Dalam keragaman tentu terdapat kesamaan,dalam kesamaan tentu terdapat kesatuan, dan dalam kesatuan tentu akan timbul keharmonisan, dan hanya dalam keharmonisanlah perkembangan insan dapat tercipta, juga perkembangan sosial ekonomi akan memperoleh tempat yang subur, untuk itu perlu disadari adanya tiga prinsip :

    • Saling percaya satu dengan yang lain atas dasar percaya akan dirinya sendiri.
    • Jujur atas semua, terutama jujur pada diri sendiri.
    • Adanya penerangan-penerangan yang terarah atau pendidikan yang terus menerus.

    CU (Credit Union) adalah Kumpulan orang dan Kumpulan uang. Peningkatan jumlah modal saja belum cukup menjamin keberhasilan suatu CU (Credit Union) kalau tanpa di imbangi oleh perkembangan manusianya yang terlibat didalamnya dan perkembangan manusia itu diperoleh dari PENDIDIKAN, Pendidikan adalah Ciri khas dari apakah CU (Credit Union) kita.

                Anggota CU(Credit Union) tidak hanya ingin PENGURUS yang jujur tetapi juga PENGURUS yang perduli, memiliki ciri sebagai pelayanan yang mempunyai VISI dan MISI yang disesuaikan dengan kultur yang berlaku di lingkungan.

     

    Pematangsiantar, 17 Februari 2017

     

     

     

    Drs. P.M. Sitanggang


    BERITA TERKAIT
    KATEGORI

  • PENDIDIKAN ( 2 )
  • RAT ( 2 )
  • P.M SITANGGANG ( 4 )
  • BANNER


    POLLING

    Perlukah ada Manager di Puskopdit

    TIDAK TAHU

    SANGAT PERLU

    TIDAK PERLU


    Lihat Hasil Poling

    BERITA TERATAS

  • Beberapa penyebab kegagalan CU dibaca: 977
  • Peserta RAT TB-2016 dibaca: 911
  • PELATIHAN dibaca: 791
  • BEBERAPA CATATAN UNTUK DIRENUNGKAN DAN DILAKSANAKAN dibaca: 746
  • KERIKIL KERIKIL TAJAM dibaca: 740
  • Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah Sumatera Utara
    Pematangsiantar©2017 Webmaster
    I N D O N E S I A